Kush Weed

Hal – Hal Yang Sebenarnya Tidak Membatalkan Puasa Ramadhan Terbaru

Ada beberapa pendapat  yang kadang membuat kita bingung tentang hal-hal yang membatalkan puasa dan mana yang tidak membatalkan puasa. Maka dibawah ini saya rangkum hal-hal yang sering dianggap membatalkan puasa :

  1. Berkumur saat berpuasa . Berkumur ketika berpuasa , hendaknya berhati – hati karena takutnya ada air yang tertelan .
  2. Sikat Gigi di siang hari , di waktu berpuasa . Sikat gigi di siang hari hukumnya makruh atau dengan kata lain tidak membatalkan puasa namun hendaknya jangan dilakukan untuk kehati – hatian .
  3. Menelan ludah sendiri saat berpuasa .
  4. Mencium aroma masakan di waktu berpuasa .
  5. Muntah tanpa disengaja , karena sakit atau sedang dalam perjalanan .
  6. Keluar darah dari luka yang tidak disengaja dan tidak menyebabkan lemas dan pusing.
  7. Keluar sperma karena mimpi basah .
  8. Pingsan dan sempat sadar di siang hari .

Dengan penjelasan di atas, kita dapat  simpulkan bahwasannya berpuasa adalah hal yang sangat sakral dan dalam mengerjakannya kita tidak boleh sembarangan. Dan ternyata banyak hal yang dapat membatalkan puasa dan ada pula hal yang kelihatannya membatalkan puasa namun sebenarnya tidak menyebabkan batal. Jadi , dengan penjelasan di atas ,sedikit banyak kita dapat memahami perbedaan anatara hal yang membatalkan puasa dan hal yang tidak membatalkan puasa.

Semoga dengan penjelasan di atas , puasa kita di tahun ini dapat mendapatkan pahala yang sempurna dan terjauh dari puasa yang bolong – bolong . Karena itu hanya merugikan diri sendiri . Terkecuali bagi seorang wanita yang sedang mengalami haid ataupun nifas karena hal itu adalah suatu anugerah dari Allah swt yang diturunkan kepada kaum muslim perempuan .

Demikian penjelasan mengenai Hal – hal yang membatalkan puasa ramadhan dan hal – hal yang tidak membatalkan puasa ramadhan . Semoga bermanfaat . . .Amin



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Hal – Hal Yang Sebenarnya Tidak Membatalkan Puasa Ramadhan Terbaru

0 komentar:

Post a Comment