Kush Weed

SISTEM KEAMANAN KOMPUTER Terbaru

KEAMANAN INFORMASI DATA KOMPUTER
A. Dalam kriptograpi, teks terang (dalam bahasa inggris plaintext adalah teks informasi yang merupakan masukan bagi suatu algoritma enkripsi.
B.  Ciphertext adalah merupakan keluaran bagi suatu algoritma yang berupa teks tersandi atau teks sandi. Teks terang dapat dibaca secara normal, sedangkan teks tersandi tidak.
C.  Encryption adalah pekerjaan mengubah teks terang menjadi teks tersandi / suatu metode yang digunakan untuk mengkodekan data sedemikian rupa sehingga keamanan informasinya terjaga dan tidak dapat dibaca tanpa di dekripsi / Suatu pesan dibuat seolah tidak bermakna dengan merubahnya menurut prosedur tertentu.
Enkripsi menggunakan algoritma tertentu untuk mengacak pesan. Umumnya algoritma enkripsi dapat dibagi menjadi dua kelompok : algoritma untuk private key system dan algoritma untuk public key system. Contoh untuk algoritma yang digunakan di private key system adalah DES dan IDEA, sedangkan contoh algoritma yang digunakan di public key system adalah RSA dan ECC.


METODE ENKRIPSI SIMETRIS DAN ASIMETRIS
Metode simetris menggunakan kunci yang sama dalam proses enkripsi maupun proses deskripsi. Sedangkan metode asimetris dalam melakukkan proses enkripsi menggunakan kunci yang berbeda dengan kunci yang digunakan dalam proses deskripsi. Contoh metode simetris adalah Data Encryption Standard (DES), sedangkan contoh metode asimetris adalah Ron Shamir Adleman(RSA).
KUNCI DATA
Kelemahan terbesar pada enkripsi adalah kunci(key). Prinsip Kerckhoff (dasar kriptografi) mengatakan bahwa aman-tidaknya metode enkripsi hanya tergantung pada kerahasiaan kuncinya, bukan kerahasiaan algoritma enkripsinya.
Sebuah kunci adalah pola yang mengenkripsi data asli. Algoritma menetapkan dalam bentuk apa itu terjadi. Ada dua hal metode enkripsi dasar, yaitu metode simetris dan asimetris. Simetris berarti kunci yang sama dipakai untuk encryption (enkripsi) dan decryption. Metode asimetris sebaliknya menggunakan kunci yang berbeda. Dapat dianalogikan dalam kehidupan sehari-hari seperti gembok dan kunci.
HYBRID (ENCODING DUA TAHAP)
Selama pengguna hanya menyimpan data secara local di hard disk dan tidak mengirimkannya, enkripsi simetris sudah cukup aman. Keunggulan metode ini adalah cara kerjanya yang sangat cepat karena menggunakan algoritma matematis yang tidak rumit dan panjang kunci yang lebih pendek. TrueCrypt, misalnya dapat mengenkripsi sekitar 175 MB/detik.
Metode simetris kurang tepat untuk mentransfer data. Karena untuk dapat menggunakan datanya mitra komunikasi harus bertukar kunci yang dibuat secara acak untuk setiap sesi (Session Key), sehingga apabila jika seorang hacker menemukan kunci ini maka dengan mudah ia dapat men-decrypt komunikasi tersebut.
Metode asimetris mengatasi masalah tersebut dengan membuat sepasang kunci. Pengirim mengenkripsi data dengan sebuah Public Key yang didapat dari mitra komunikasinya. Hanya Private Key yang memiliki penerima dapat men-decrypt data. Dengan demikian, kunci untuk decryption tidak jatuh ke orang lain. Sebaliknya publikasi Public Key tidak menjadi masalah karena tidak dapat men-decrypt data. Private Key juga tidak dapat diturunkan dari Public Key, seperti halnya sebuah gembok yang digunakan untuk mengunci gerbang, tetapi tidak dapat membukanya kembali.
Metode asimetris juga memiliki kelemahan. Karena lebih rumit, metode ini bekerja 1000 kali lebih lambat dibandingkan metode simetris, sehingga tidak tepat untuk data dalam jumlah besar. Dalam praktiknya, misalnya pada transfer data di Internet, lalu lintas e-mail atau online banking, digunakan metode hibrida. Metode Hibrida mengenkripsi data sebenarnya secara simetris, tetapi kuncinya secara asimetris. Metode semacam ini mengkombinasikan pertukaran kunci yang aman dan data encryption yang cepat.
Lebih lanjut download file disini

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : SISTEM KEAMANAN KOMPUTER Terbaru

0 komentar:

Post a Comment